Soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Administrasi Negara
1. Tujuan pendekatan empiris dalam studi administrasi negara adalah ....
a. Menganalisis aktivitas administrasi
b. Mengurangi elemen subyektif dari administrasi
c. Melakukan generalisasi dan telaah kasus-kasus
d. Mencari tindakan administrasi yang memungkinkan
2. Teori administrasi negara yang dirumuskan oleh Stephen P. Robbins antara lain teori....
a. Asumtif
b. Normatif
c. Perilaku
d. Instrumental
3. Model organisasi yang paling berpengaruh dalam pemikiran administrasi negara adalah model ....
a. Tertutup
b. Terbuka
c. Sintesis
d. Non rasionalitas
4. Contoh sumbangan penting yang diberikan oleh ilmu ekonomi bagi praktik administrasi negara adalah ....
a. analisis berbagai model
b. analisis biaya manfaat
c. efisiensi administrasi
d. perilaku rasional
5. Pada tingkat eksekutif, predikat administrasi lekat dengan aktivitas dari ....
a. Peradilan
b. Birokrasi
c. Parlemen
d. Pemilihan umum
6. Gerakan manajemen ilmiah bertujuan untuk ....
a. Membangun generalisasi secara deskriptif dan analitik mengenai organisasi dan administrasi
b. Menentukan cara terbaik dalam melaksanakan kegiatan organisasi
c. Memerinci pembagian pekerjaan dalam organisasi
d. Menentukan tujuan khusus organisasi
7. Kehadiran administrasi negara dalam kehidupan masyarakat tidak dapat ditolak, karena....
a. Eksistensi administrasi negara sama dengan eksistensi negara
b. Administrasi negara memiliki monopoli kekuasaan memaksa
c. Administrasi negara merupakan organisasi yang bertujuan paling luas dan besar
d. Administrasi negara merupakan pengawal kepentingan publik
8. Untuk mengungkap administrasi negara sesuai dengan proses yang dipergunakan dalam penyelenggaraan kebijakan publik, maka pendekatan yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi administrasi negara adalah ...
a. Aspek publik
b. Proses yang bersifat khusus
c. Orientasi sikap administrasi
d. Organisasi publik
9. Ilmu dan teknologi yang diadaptasi oleh administrasi negara dimaksudkan untuk memberikan kemudahan hidup dan meningkatkan kualitas hidup. Hal ini berarti administrasi negara merupakan ....
a. Penyelenggaraan perubahan sosial
b. Penyelenggaraan cita-cita masyarakat modern
c. Penegak segala aturan dan ketentuan hukum
d. Pengembang partisipasi masyarakat
10. Dalam paradigma pertama, fokus administrasi negara adalah ....
a. Prinsip-prinsip administrasi
b. Efektivitas program
c. Pelaksanaan hukum
d. Penetapan kebijakan publik
11. Salah satu bidang kajian administrasi negara menurut Felix A. Nigro adalah ....
a. Implementasi kebijaksanaan publik
b. Sarana untuk melaksanakan nilai-nilai politik
c. Sasaran kebijaksanaan publik
d. Kaitan antara lembaga legislatif, eksekutif dan yudikatif
12. Filsafat demokrasi dari Jefferson – Jackson cenderung mencurigai peranan pemerintah. Konsekuensi dari pandangan ini adalah ....
a. Pemerintah harus memberikan peranan yang besar kepada perseorangan
b. Pemerintah mencampuri urusan perseorangan
c. Organisasi publik cenderung inefisiensi
d. Sentralisasi administrasi
13. Krisis identitas administrasi negara mempunyai kaitan erat dengan aspek ....
a. Historis
b. Sosiologis
c. Psikologis
d. Nasionalitas
14. Manfaat analisis sejarah dalam studi administrasi negara adalah ....
a. Membentuk teori
b. Mengumpulkan data
c. Memberikan perspektif masa depan
d. Mengetahui tokoh-tokoh/pelaku sejarah
15. Yang menjadi dasar otorita tradisional menurut Weber adalah ....
a. Penghambaan kepada seseorang
b. Keteraturan administrasi
c. Aturan yang pasti
d. Pola pengawasan
16. Dalam setiap organisasi terdapat superior dan subordinasi.
Karakteristik tersebut terdapat pada struktur birokratik, di mana hirarkhi berlaku juga dalam otorita publik maupun privat, sehingga dalam organisasi modern diperlukan ....
a. Hubungan personal di antara para anggota organisasi
b. Dominasi kelompok partikularistik dalam organisasi
c. Pemisahan kehidupan pribadi dengan kehidupan dan milik pribadi
d. Penyatuan kehidupan dan milik pribadi dengan kehidupan dan milik organisasi
17. Dalam perkembangan paradigma administrasi negara, adanya pemisahan yang tegas antara “perumusan kebijakan” dan “pelaksanaan kebijakan” terdapat pada paradigma....
a. Administrasi negara sebagai administrasi negara
b. Administrasi negara sebagai ilmu politik
c. Dikhotomi politik administrasi
d. Prinsip-prinsip administrasi
18. Sifat falsafah administrasi adalah ....
a. Motivasi
b. Komunikasi
c. Situasional
d. Universal
19. Salah satu alasan adanya administrasi khusus adalah ....
a. Kebutuhan perubahan organisasi
b. Proses penyempurnaan administrasi
c. Reorientasi administrasi
d. Kompleksitas organisasi
20. Administrasi pendidikan, administrasi kepolisian ataupun administrasi kesehatan, termasuk dalam ....
a. Administrasi khusus
b. Organisasi dan metode
c. Perbandingan administrasi
d. Pengembangan organisasi
21. Teori Morrow yang memusatkan perhatian pada usaha-usaha untuk memperbaiki praktek administrasi disebut teori ....
a. Normatif
b. Instrumental
c. Asumtif
d. Preskriptif
22. Pegawai adalah abdi negara dan abdi masyarakat. Dilihat dari sudut teori administrasi negara, pernyataan tersebut dapat dikategorikan pada teori ....
a. Asumtif
b. Normatif
c. Deskriptif
d. Instrumental
23. Mazhab empirik mempercayai prinsip-prinsip umum administrasi dari hasil studi terhadap praktek. Mazhab ini menolak dikhotomi politik administrasi dengan alasan ....
a. Menganalisis aktivitas administrasi
b. Melibatkan diri pada hal-hal yang bersifat kongkrit
c. Melibatkan diri pada organisasi formal dan informal
d. Memusatkan diri pada aspek fungsional dan disfungsional administrasi birokrasi
24. Mazhab sistem holistik administrasi bermaksud untuk ....
a. Menjamin pembuatan keputusan yang benar
b. Meramalkan hasil yang diharapkan dari organisasi publik
c. Menguji konteks aktivitas administrasi
d. Menguraikan unsur-unsur aktivitas administrasi
25. Pendekatan yang memusatkan perhatian pada observasi serta menghindari generalisasi dalam masalah-masalah kebijaksanaan adalah pendekatan ....
a. Studi kasus
b. Kebijaksanaan sebagai proses hasil
c. Strategi inkrementalisme terpisah
d. Kebijaksanaan sebagai variabel independen
26. Studi yang dijalankan pada proyek Hawthorne tertutama ditujukan untuk ....
a. Menemukan aktivitas manajerial yang harus dilaksanakan
b. Menemukan metode kerja terbaik
c. Mencapai efisiensi industri yang lebih tinggi
d. Meneliti hubungan kondisi fisik dan produktivitas kerja
27. Agar unit organisasi dapat beroperasi, maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah ....
a. Pengarahan
b. perencanaan
c. pengorganisasian
d. pengkoordinasian
28. Sarana penggunaan personalia yang paling efisien adalah ....
a. Wilayah tanggung jawab
b. Penerapan prinsip hierarkhi
c. Peranan lini dan staf
d. Spesialisasi
29. Birokrasi merupakan organisasi yang memaksimalkan efisiensi dalam administrasi atau metode kelembagaan perilaku sosial yang terorganisasi dalam kerangka usaha mencapai efisiensi administrasi. Pendekatan yang digunakan dalam merumuskan birokrasi tersebut adalah pendekatan ....
a. Struktural
b. Belavioral
c. Disfungsi
d. Pencapaian tujuan
30. Definisi kebijakan publik dari Easton mensyaratkan sifat otoritatif dalam proses alokasi nilai-nilai. Pada kenyataannya yang mempunyai hak otoritatif kepada seluruh masyarakat adalah ....
a. Pemimpin
b. Birokrasi
c. Pemerintah
d. Organisasional
31. Salah satu alat implementasi kebijaksanaan adalah ....
a. Eksperimentasi sosial
b. Penjelasan tujuan
c. Pembenaran
d. Pedoman
32. Yang dimaksud dengan akuntabilitas adalah ....
a. Hierarkhi departemental
b. Bentuk hubungan formal
c. Dasar moral tanggung jawab
d. Locus hierarkhis dan legal dari tanggung jawab
33. Konflik yang terjadi karena ketidakjelasan dalam pembagian tugas dan wewenang adalah konflik....
a. Fungsional
b. Struktural
c. Informal
d. Formal
34. Semua sistem menghendaki agar semua elemen yang saling berkait dan bergantung Diatur interaksinya dengan maksud semua tujuan sistem tercapai. Dalam kaitan ini diperlukan ....
a. Hierarkhi
b. Regulasi
c. Equifinalitas
d. Diferensiasi
35. Fokus studi ekologi menurut Ferrel Heady adalah ....
a. Sistem sosial
b. Birokrasi
c. Interdependensi
d. Kompleksitas
JAWABAN SOAL
1. C 2. A 3. A 4. B 5. B 6. B 7. A 8. B 9. B 10. C |
11. D 12. A 13. A 14. C 15. D 16. C 17. C 18. D 19. D 20. A |
21. C 22. B 23. D 24. C 25. A 26. D 27. A 28. D 29. D 30. C |
31. A 32. D 33. B 34. B 35. B |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar