Soal SKB CPNS Bimbingan Konseling

Soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Bimbingan Konseling

1. Dalam uraian sejarahnya, perkembangan konseling di Indonesia maju dengan pesat.

Mengapa demikian? Uraikan jawaban Anda!

Pembahasan:

Secara umum dapat dijelaskan bahwa semakin pesatnya perkembangan bimbingan dan

konseling di Indonesia dikarenakan:

Pertama, oleh tuntutan yang kuat dari masyarakat serta pengaruh yang kuat dari

kepercayaan terhadap individualisme dari masyarakat.

Kedua, pada diri individu yaitu pada masa-masa kritis dalam tiap masa perkembangan

individu, terutama masa remaja.

Ketiga, pada kondisi luar individu seperti kondisi teknologi yang berkembang pesat,

kondisi nilai-nilai demokratis, nilai-nilai humanistis versus nilai-nilai pragmatis (khusus

sosial-ekonomi), dan lain-lain.

Namun adapun secara lebih khusus perkembangan bimbingan dan konseling berkembang

pesat di Indonesia dikarenakan oleh beberapa faktor yang intinya mengacu pada

permasalahan individu masing-masing, baik berhubungan dengan masalah pribadi

maupun lingkungan.

2. Mengapa dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah harus mengedepankan

azas kerahasiaan? Jelaskan juga hubungannya dengan azas keterbukaan dan azas

kesukarelaan!

Pembahasan:

a. karena dalam azas kerahasiaan itu sangat dituntut dirahasiakannya segenap data dan

keterangan tentang peserta didik yang menjadi sasaran layanan, yaitu data atau

keterangan yang tidak boleh dan tidak layak diketahui orang lain. Sebagian

keberhasilan layanan banyak ditentukan oleh azas ini, sebab klien akan mau

membukakan keadaan dirinya sampai dengan masalah-masalah yang sangat pribadi,

apabila ia yakin bahwa konselor dapat menyimpan rahasia.

b. hubungan antara azas kerahasiaan dengan azas kesukarelaan sangat erat kaitannya

dimana pada saat konselor sudah dapat memberi pengertian mengenai kerahasiaan

datanya, maka klien akan dapat merasakan kesukaan dan kerelaan dalam

mengikuti/menjalani layanan/kegiatan bimbingan konseling. Dan antara azas

kerahasiaan dengan azas keterbukaan pun demikian memiliki keterkaitan/hubungan

yang erat dimana saat seorang klien sudah merasa rela dan rahasianya akan dijaga

oleh konselor, maka ia akan sangat terbuka kepada kepada si konselor dalam

menceritakan masalah-masalah yang ia hadapi tanpa mengalami suatu kecemasan.

3. Jelaskan secara detail perbedaan teknik membantu individu dengan konseling individual

antara teknik direktif konseling dan teknik non direktif konseling!

Pembahasan:

Perbedaan antara teknik direktif konseling dengan teknik non direktif konseling:

Teknik direkif konselingmerupakan teknik atau pendekatan dalam sebuah proses

konseling yang mana konselor yang lebih dominan dalam berbicara (memberi solusi

dalam memecahkan masalah). Jadi dalam teknik atau pendekatan ini konselor lebih

banyak mengambil inisiatif dalam proses konseling, sehingga klien tinggal menerima apa

yang dikemukakan oleh konselor. Dengan kata lain konselor lebih berperan dalam

memecahkan masalah klien.

Teknik non direktif konseling merupakan teknik atau kegiatan dalam proses konseling

yang mana klien lebih dominan dalam mencari pemecahan masalah. Dalam teknik atau

kegiatan ini konselor hanya berperan sebagai pendorong dan pencipta situasi yang

memungkinkan klien untuk bisa berkembang sendiri.

4. Di dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling, perlu dikenal dan dipahami karakteristik

individual dari individu yang dibimbing, mengapa demikian? Jelaskan terlebih dahulu

cara-cara dalam memahami individu dimaksud!

Pembahasan:

a. Cara-cara dalam memahami karakteristik individual individu sebaiknya dilakukan

dengan cara mengumpulkan data atau berbagai keterangan tentang individu yang

bersangkutan, baik itu kelebihan dan kekurangan atau kekuatan dan kelemahan diri

dari individu maupun lingkungan dari individu tersebut.

b. Di dalam proses pelaksanaan bimbingan dan konseling perlu sekali mengenal dan

memahami karakteristik individual dari individu yang dibimbing. Ini dikarenakan

dalam proses konseling pemahaman mengenai karakteristik individual dari individu

itu sangat mendukung jalannya proses bimbingan dan konseling. Dari pemahaman

mengenai karakteristik individual individu tersebut maka seorang konselor akan lebih

mudah dalam menentukan tingkat pemahaman dan jenis bantuan yang akan diberikan

terhadap klien.

5. Mengapa dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah mempunyai fungsi

pemeliharaan dan pengembangan? Jelaskan lebih dulu maksud dan proses

pelaksanaannya!

Pembahasan:

a. fungsi pemeliharaan dan pengembangan dalam bimbingan dan konseling merupakan

layanan yang diberikan yang dapat membantu siswa dalam mengembangkan

keseluruhan pribadinya secara lebih terarah dan mantap, terpelihara dan

terkembangkannya berbagai potensi positif peserta didik dalam rangka perkembangan

dirinya secara mantap dan berkelanjutan.

b. Di dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah mempunyai fungsi

pemeliharaan dan pengembangan dikarenakan fungsi ini berfungsi memelihara segala

sesuatu yang baik yang ada pada diri individu, baik itu merupakan pembawaan

maupun hasil-hasil perkembangan yang telah dicapai selama ini, seperti intelegensi

yang tinggi, bakat yang istimewa, minat yang menonjol untuk hal-hal yang positif dan

produktif, dsb. Fungsi pemeliharaan dan pengembangan ini juga bukanlah sekedar

mempertahankan agar hal-hal yang dimaksudkan tetap utuh, tidak rusak dan tetap

dalam keadaan semula, melainkan juga mengusahakan agar bertambah baik, kalau

dapat lebih indah, lebih menyenangkan, memiliki nilai tambah daripada waktu-waktu

sebelumnya.

6. Mengapa bimbingan itu identik dengan pendidikan?

Pembahasan:

karena apabila seseorang melakukan kegiatan mendidik berarti ia juga sedang melakukan

membimbing, sebaliknya apabila seseorang melakukan aktivitas membimbing berarti ia

juga sedang mendidik.

7. Jelaskan minimal tiga dasar pentingnya Bimbingan Konseling dalam pendidikan!

Pembahasan:

1. usaha untuk mengembangkan keperibadian individu

2. pendidikan berkembang secara dinamis, karena selalu terjadi perubahanperubahan.

3. seorang guru harus mempunyai peranan yang luas, tidak hanya sebagai pengajar

tetapi juga sebagai pendidik

8. Jelaskan alasan pentingnya Bimbingan Konseling di madrasah dan sekolah!

Pembahasan:

bimbingan merupakan bagian integral dari proses pendidikan dan memikontribusi

terhadap keberhasilan pendidikan di sekolah(juntika,2005).berdasarkan pernyataan

tersebut dapat dipahami bahwa proses pendidikn di sekolah termasuk madrasah tidak

akan berhasil secara baik apabila tidak didukung oleh penyelenggaraan bimbingan secara

baik pula.

sekolah dan madrasah memiliki tanggung jawab yang besar membantu siswa agar

berhasil dalam belajar.untuk itu sekolah dan madrasah hendaknya memberikan bantuan

kepada siswa untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul dalam kegiatan belajar

siswa. dalam kondisi seperti ini,pelayanan bimbingn dan konseling sekolah dan madrasah

sangat penting untuk dilaksanakan guna membantu siswa mengatasi berbagai masalah

yang dihadapinya.

9. Berikan penjelasan makna dari bimbingan dan konseling!

Pembahasan:

a. makna bimbingan

Bimbingan yaitu bantuan yang di berikan oleh pembimbing kepada individu agar

individu yang di bimbing mencapai kemandirian dengan mempergunakan berbagai

bahan melalui interaksi, dan pemberian nasihat serta gagasan dalam suasana asuhan

dan berdasarkan norma-norma yang berlaku.

b. makna konseling

Konseling yaitu kontak atau hubungan timbal balik antara dua orang untuk

menangani masalah klien, yang didukung oleh keahlian dan dalam suasana yang laras

dan integrasi, berdasarkan norma-norma yang berlaku untuk tujuan yang berguna

bagi klien.

Bimbingan dan konseling merupakan suatu proses bantuan atau pertolongan yang di

berikan oleh pembimbing kepada individu melalui pertemuan tatap muka atau hubungan

timbal balik antara keduanya, agar konseling memiliki kemampuan atau kecakapan

melihat dan menemukan masalahnya serta mampu memecahkan masalahnya sendiri.

10. Jelasakan dan sebutkan tujuan dari bimbingan dan konseling!

Pembahasan:

tujuan bimbingan konseling adalah agar tercapai perkembangan yang optimal pada

individu yang di bimbing atau dapat mengembangkan diri secara optimal sesuai dengan

potensi atau kapasitasnya dan agar individu dapat berkembang sesuai dengan

lingkungannya. tujuan bimbingan dan konseling adalah dalam rangka :

a. membantu mengembangkan kualitas keperibadian individu yang di bimbing atau

yang di konseling.

b. membantu mengembangkan kualitas kesehatan mental klien.

c. membantu mengembangkan perilaku-perilaku yang lebih efektif pada diri individu

dan lingkungannya.

d. membantu klien menanggulangi problema hidup dan kehidupannya secara mandiri.

11. Sebutkan dan jelaskan fungsi-fungsi dari bimbingan dan konseling!

Pembahasan:

a. fungsi pemahaman, yaitu fungsi bimbingan dan konseling membantu konseli agar

memiliki pemahaman terhadap dirinya (potensinya) dan lingkungannya (pendidikan,

pekerjaan, dan norma agama).

b. ungsi preventif, yaitu fungsi yang berkaitan dengan upaya konselor untuk senantiasa

mengantisipasi berbagai masalah yang mungkin terjadi dan berupaya untuk

mencegahnya, supaya tidak dialami oleh konseli.

c. fungsi pengembangan, yaitu fungsi bimbingan dan konseling yang sifatnya lebih

proaktif dari fungsi-fungsi lainnya

d. fungsi penyaluran, yaitu fungsi bimbingan dan konseling dalam membantu konseli

memilih kegiatan ekstrakurikuler

e. fungsi adaptasi, yaitu fungsi membantu para pelaksana pendidikan, kepala

sekolah/madrasah dan staf, konselor, dan guru untuk menyesuaikan program

pendidikan terhadap latar belakang pendidikan, minat, kemampuan, dan kebutuhan

konseli.

f. fungsi penyesuaian, yaitu fungsi bimbingan dan konseling dalam membantu konseli

agar dapat menyesuaikan diri dengan diri dan lingkungannya secara dinamis dan

konstruktif.

g. fungsi perbaikan, yaitu fungsi bimbingan dan konseling untuk membantu konseli

sehingga dapat memperbaiki kekeliruan dalam berfikir, berperasaan dan bertindak

(berkehendak).

h. fungsi fasilitasi, memberikan kemudahan kepada konseli dalam mencapai

pertumbuhan dan perkembangan yang optimal, serasi, selaras dan seimbang seluruh

aspek dalam diri konseli.

i. fungsi pemeliharaan, yaitu fungsi bimbingan dan konseling untuk membantu konseli

supaya dapat menjaga diri dan mempertahankan situasi kondusif yang telah tercipta

dalam dirinya.

12. Sebutkan beberapa layanan untuk mencegah timbulnya masalah dalam bimbingan dan

konseling!

Pembahasan:

a. layanan orientasi: agar mereka mengenal lingkungan sekolahnya yang baru secara

lebih baik sehinga mereka terhindar dari berbagai masalah selama mengikuti kegiatan

belajar mengajar.

b. layanan pengumpulan data : dengan diperoleh data yang lebih lengkap dan akurat

tentang siswa, sehingga bisa di peroleh pemahaman yang lebih mendalam tentang

siswa.

c. layanan kegiatan kelompok: agar siswa memperoleh pemahaman diri secara lebih

baik.

d. layanan bimbingan karier: agar siswa bisa memangku karier tertentu kelak setelah

tamat sekolah.

13. Mengapa dalam bimbingan dan konseling terdapat pemakaian kata “kasus” ?

Pembahasan:

karena kata “kasus” dipakai dalam bimbingan dan konseling sekedar untuk menunjukan

bahwa “ada sesuatu permasalahan tertentu pada diri seseorang yang perlu mendapatkan

perhatian dan pemecahan demi kebaikan untuk diri yang bersangkutan”.

14. Jelaskan maksud penanganan kasus dalam bimbingan dan konseling!

Pembahasan:

penanganan kasus pada umumnya dapat dilihat sebagai keseluruhan perhatian dan

tindakan seseorang terhadap kasus (yang dialami oleh seseorang) yang dihadapkan

kepadanya sejak awal sampai dengan diakhirimya perhatian dan tindakan tersebut.

15. Apa saja cakupan penganganan kasus?

Pembahasan:

a. pengendalian awal tentang kasus

b. pengembangan ide-ide tentang rincian masalah yang terkandung didalam kasus

c. penjelajahan lebih lanjut tentang segala seluk beluk kasus tersebut ,dan akhirnya

d. mengusahakan upaya-upaya kasus untuk mengatasi atau memecahkan sumber pokok

permasalahan itu

16. Apa saja prinsip-prinsip bimbingan?

Pembahasan:

a. prinsip-prinsip umum

b. prinsip-prinsip khusus yang berhubungan dengan individu(siswa)

c. prinsip khusus yang berhubungan dengan pembimbing

d. prinsip yang berhubungan dengan organisasi dan administrasi(manajemen) pelayanan

bimbingan dan konseling

17. Sebutkan tahapan-tahapan dalam bimbingan konsling!

Pembahasan:

a. pertama,pengungkapan,pengenalan,dan penerimaan.

b. kedua,pengenalan lingkungan

c. ketiga,pengenalan keputusan

d. keempat,pengenalan diri

e. kelima, eksistensi diri(perwujudan diri)

18. Jelaskan maksud dari fungsi pemeliharaan!

Pembahasan:

fungsi pemeliharaan yaitu memelihara segala sesuatu yang baik,yang ada pada diri siswa,

baik hal itu merupakan pembawaan maupun hasil-hasil pengembangan yang telah di

capai selama ini.

19. Jelaskan maksud fungsi penyaluran!

Pembahasan:

fungsi penyaluran yaitu berupaya mengenali masing masing siswa secara perorangan,

selanjutnya memberikan bantuan menyalurkan ke arah kegiatan atau program yang dapat

menunjang tercapainya perkembangan yang optimal

20. Jelaskan secara secara umum tujuan bimbingan dan konseling!

Pembahasan:

agar manusia mampu memahami poyensi-potensi insaniah-nya, dimensi-dimensi

kemanusiaannya, termasuk memahami berbagai persoalan hidup yang mencari alternatif

pemacahannya.

21. Sebutkan asas-asas bimbingan dan konseling berhubungan dengan siswa!

Pembahasan:

a. tiap-tiap siswa mempunyai kebutuhan

b. ada perbedaan antara siswa

c. tiap individu ingin menjadi dirinya sendiri

d. tiap individu mempunyai dorongan untuk matang.

e. tiap siswa mempunyai masalah dan mempunyai dorongan untuk menyelesaikannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar